Advertise

Rabu, 15 April 2015

MANFAAT BUAH DURIAN

warga memikul durian dari kebun ke lokasi pemampungan di Lamsujen, Lhoong ceh Besar.(LG | a.ZaiZa)
SIAPA yang tidak mengenal buah durian? Buah ini disebut durian karena memiliki kulit yang tajam menyerupai duri. Buah yang tumbuh subur didaerah tropis ini mempunyai rasa yang enak dan bau yang harum membuat banyak orang menggenari buah ini.
Buah durian atau dengan bahasa latin disebut Durio Ziberthinus Murr ditemukan pertama kali di negara Malaysia, Sumatera dan Kalimantan, yang kemudian tersebar keseruruh negara-negara yang lainnya.
Saat ini sejumlah daerah di Aceh seperti Lhoong Aceh Besar, Aceh Selatan hingga Singkil dan Subulussalam dan sejumlah kawasan di Aceh Tengah dan Bener Meriah lagi musim durian. Jika anda melintas kawasan Bireuen-Takengon di sejumlah kawasan di Bener Meriah, anda bisa menemukan warga menjualnya di pinggier jalan.
Dengan mengandalkan jamur yang dibuat dipinggir jalan, warga menjajakan buah berduri ini dengan bergantungan dan diletakan di atas rak atau meja yang memang disediakan oleh warga guna memperindah etalase berjualan.
Soal harga, rasanya sangatlah terjangkau. Hal ini berhubungan karena memang sebagian daerah di Aceh lagi musim buah ini. Buah durian ini juga banyak di jumapi di pasar di Kota Takengon serta di emperan toko. Buah durian yang dijual di emperan toko ini didatangkan selain dari Bener Meriah, juga berasal dari berbagai daerah lainnya di Aceh.
Sebagai buah, ternyata durian memiliki banyak kandungan nutrisi antara lain vitamin B, vitamin C, zat besi, kalium, fosfor, dan masih banyak nutrisi lainnya yang terkandung didalamnya. Bukan hanya karena rasanya yang nikmat membuat banyak orang menggemarinya, ternyata buah durian mempnyai segudang manfaat buah durian untuk kesehatan.
Pedang membeli durian dari warga di kawasan penampungan di Lamsujen.(LG | a.ZaiZa)
Kita simak bersama yuk apa saja Segudang Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan:
1. Mencegah Anemia
Buah durian banyak mengandung kadar besi yang dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah, sehingga dapat mencegah kurangnya darah dalam tubuh.
2. Memperbaiki Sistem Saraf
Kandungan vitamin B yang tinggi mampu memperbaiki sistem saraf dalam tubuh kita. Sering mengkonsumsi buah durian maka saraf-saraf yang rusak dapat segera diperbaiki.
3. Meredakan Nyeri Lambung
Buah durian banyak mengandung antacid yang mampu meringankan nyeri lambung karena telat makan ataupun yang lainnya. Jika anda mengalami hal ini cobalah mengkonsumsi buah durian untuk meredakannya.
4. Melancarkan Buang Air Besar
Buah durian mengandung serat tinggi sangat bagus untuk menormalkan sistem pencenaan dalam tubuh. Apabila anda susah buang air besar, maka perbanyaklah mengkonsumsi buah durian untun melancarkannya.
5. Mencegah Depresi
Buah durian ternyata juga dapat mencegah depresi. Hal ini disebabkan karena buah durian mengandung tryptophan yang membuat badan terasa lebih rileks, memperbaiki mood, dan membuat perasaan lebih happy.
Bagi anda yang ragu untuk mengkonsumsi buah durian, mulai sekang janganlah ragu dengan segudang manfaat buah durian untuk kesehatan yang bisa membuat tubuh kita menjadi sehat dari sebelumnya

0 komentar:

Posting Komentar